Picdeer logo Browse Instagram content with Picdeer

@bukharasunnah

Bukhara Sunnah

bukharasunnah

🍃Belajar Ilmu seputar Muslimah dengan pedoman Al-Qur’an dan As-Sunnah. #manhajsalaf #fiqihwanita #muslimahsalafy 🍁♻️Free Repost ♻️Save ♻️no-Crop

  • 387 Total Likes
  • 10 Tot. Comments
Hukum Wanita Memakai Sepatu Berhak Tinggi . 🔰Dalam hadis dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bercerita, "Ada seorang wanita Bani Israel yang bertubuh pendek memakai sandal dari kayu. Kemudian berjalan diantara dua wanita yang tinggi agar terlihat tinggi dengan sandal itu. (HR. Ibnu Hibban 5592 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth). . 🔰Dalam riwayat lain, dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya sumber kebinasaan pertama yang dialami Bani Israil adalah adanya seorang wanita miskin yang memaksakan diri untuk membeli baju dna parfum gaya wanita kaya… lalu beliau menyebutkan ada wanita bani Israil yang pendek, lalu dia memakai sandal tinggi dari kayu, dan cincin yang bermata besar, dan dia menaburi dirinya dengan wewangian. Lalu dia berjalan diantara 2 wanita yang tinggi badannya, sehingga banyak lelaki membuntuti mereka. orang mengenal dua wanita yang tinggi, tapi tidak kenal wanita yang memakai jinjit. (HR. Ibnu Khuzaimah) . 🔰Hadis di atas menunjukkan celaan bagi wanita yang memakami alas kaki jinjit. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan hal di atas dalam konteks celaan. Sehingga ketika wanita muslimah melakukannnya, hakekatnya dia meniru wanita Bani Israil . . Disamping itu, ada pertimbangan lain, yang menunjukkan sisi larangan sepatu jinjit, . . 📌Pertama, ini bagian dari tabarruj Allah melarang wanita melakukan tabarruj, hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dengan tabarruj seperti orang-orang Jahiliyah.. (QS. al-Ahzab: 33). . 📌Kedua, ini penipuan (tazwir) Menampakkan kenyataan tidak sesuai kondisi aslinya. Allah mencela orang yang merasa bangga dengan pujian, yang tidak dia miliki . 📌Ketiga, Semakin mengeraskan suara kaki. Memakai sepatu atau sandal jinjit seperti ini, akan menimbulkan suara yang menarik perhatian lawan jenis. Lebih-lebih jika haknya runcing maka suaranya semakin
Bismillah  BarakAllahufik Ustadz Khalid Basalamah Hafizhahullah.  Judul: Menipu Link: https://youtu.be/umiG8-rr748  #khalidbasalamahofficial #doa #indonesiabertauhid #mintapadaallah #hafidzah #cantik #gadis #nikah #istri #shalihah . _______________________ Follow @bukharasunnah  Follow @bukharasunnah  Follow @bukharasunnah
Ajarkan Agama  Jangan harap anak-anak anda mendoakan anda ketika anda wafat jika semasa hidup anda tidak pernah mengajarkan mereka agama. Belum-belum mereka sudah berebut harta warisan (Ustadzah Azizah Ummu Yasir hafidzahallah) . . Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah . #islam #muslimah #muslim #tauhid #nasihat #nasehat #salaf #agama #pendidikan #anak #ibadah #sunnah #dakwah #dakwahtauhid #dakwahislam #renunganislam #muslimorid #jogjamengaji #ypiayogyakarta #anak #pendidikan
Ada pasangan pengantin baru yg di malam pertamanya harus menanggung hutang ratusan juta setelah resepsi mewah yg dilaksanakan demi tuntutan keluarga. . Setelah nikah bukannya bahagia, tapi malah menderita dikejar-kejar penagih hutang & kebutuhan hidup serba kurang. . Alasannya khawatir dianggap "ngga mampu" mengeluarkan dana, padahal hanya demi gengsi yg justru berakibat buruk pada kedua pasangan pasca pernikahan. . "Malu ah sama temen yg dokter itu. Kmrn aja waktu nikahin anaknya mewah banget. Nanti kita dianggap ngga mampu kalo ngga ada resepsi mewah.." blablabla blablabla . Mereka ngga berpikir panjang. padahal setelah menikah kebutuhan itu banyak banget. Buat tabungan rumah, mobil, pendidikan anak, kebutuhan harian, dll. . Sayang kan udah susah payah nabung bertahun-tahun malah abis dalam semalem? . Belom lagi kalo harus sampe hutang. Mending duitnya utk modal usaha atau bangun rumah sekalian. . Mengumumkan walimah emang sunnah tapi ngga harus mewah dengan bajet ratusan juta. . Bisa ko keluar bajet cuma 5 jutaan seperti pasangan pengantin yg viral kmrn. bahkan masi bisa berbagi nasi kotak juga ke tetangga. Pernikahan tetep sah & halal bukan? . Jangan hanya krn gengsi lalu kita mengabaikan kemampuan. Kasihanilah diri sendiri jika nanti sampe harus menanggung hutang puluhan hingga ratusan juta justru setelah menikah. . Kalo mampu ya silakan, kalo belum ya disesuaikan dgn kemampuan sendiri aja. Nikah itu ngga mahal ko sebetulnya, yg mahal itu gengsi. Ya ga? 😅 . Kalo temen2 sendiri team mana? Resepsi mewah atau syukuran sederhana? . Tag sahabatmu . 📝riri.abdillah #fiqihwanita_ #fiqihmuslimah _____ . Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah
Ustadz Muhtarom  Para ulama sepakat dianjurkannya tahnik bagi bayi yang baru lahir dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan yang mendekati kurma yaitu mendekati manisnya. Caranya adalah yang mentahnik mengunyah kurma sampai hancur sehingga mudah ditelan. Kemudian setelah itu mulut bayi dibuka, lalu diletakkan di ‘hanek‘ (langit-langit mulut), lalu akan masuk ke dalam tubuh. Demikian penjelasan Imam Nawawi . (Syarh Shahih Muslim, 14: 110)  Dari Abu Musa, beliau berkata  وُلِدَ لِى غُلاَمٌ فَأَتَيْتُ بِهِ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- فَسَمَّاهُ إِبْرَاهِيمَ وَحَنَّكَهُ بِتَمْرَةٍ  Suatu saat aku memiliki anak yang baru lahir, kemudian aku mendatangi Nabi shallalahu ‘alaihi wa sallam, kemudian beliau memberi nama padanya dan beliau mentahnik dengan sebutir kurma.” (HR. Muslim no. 2145)  Dari ‘Aisyah, beliau berkata  أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْ وَيُحَنِّكُهُمْ  Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam didatangkan anak kecil, lalu beliau mendoakan mereka dan mentahnik mereka.” (HR. Muslim no. 2147)  Tahnik itu disunnahkan dilakukan untuk bayi yang baru lahir. Yang melakukan tahnik boleh laki-laki atau perempuan. Ibnul Qayyim mengatakan bahwa Imam Ahmad bin Hambal pernah memiliki anak dan yang mentahniknya adalah wanita. (Tuhfatul Mawdud, hal. 66)  Judul full kajian: kado untuk anakku Baca selengkapnya di: https://rumaysho.com/3598-anjuran-dan-hukum-tahnik.html Follow @bukharasunnah .  #anak #rahim #programkb #keluargaberencana #iburumahtangga #keluarga  #instagram #dakwahonline #viral #dakwahislam #muslimah #bayi #kandunganibu #ibu #sakinah #balita  #menikah #ayah #pendidikan #sekolah #dakwah #posterdakwah #islam #hamil #kandungan #melahirkan #instagram #menstruasi #sosmed #video
🌼Wahai Muslimah,Tahukah tentang Maryam? Tahukah wanita muslimah bahwa Allah telah memujinya sebagai Wanita Terbaik dalam peradaban manusia? . 🌸 . "Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu).” (QS. Ali Imran: 42). . Dialah pemuka kaum wanita di surga. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah ﷺ, Khadijah binti Khuwailid, dan Asiyah.” (HR. Hakim 4853). .  Maryam sangat menjaga kesucian dirinya. Ia tidak sembarangan berdekatan dengan laki-laki yang bukan mahramnya. Ia tidak menggoda laki-laki dan juga menjauhi godaan mereka.  Pernah suatu ketika Jibril datang kepada Maryam. Datang dalam fisik laki-laki yang sempurna. Namun Maryam tetap menjaga dirinya. Allah Ta’ala berfirman, Maka ia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka; lalu Kami mengutus ruh Kami (Jibril) kepadanya, maka ia menjelma di hadapannya (dalam bentuk) manusia yang sempurna. Maryam berkata: “Sesungguhnya aku berlindung dari padamu kepada Tuhan Yang Maha pemurah, jika kamu seorang yang bertakwa”. (QS. Maryam: 17-18). Melihat laki-laki yang sangat sempurna ketampanannya, Maryam tidak terkecoh dengan merendahkan dirinya mencoba menarik perhatian laki-laki tersebut. Ia malah berlindung kepada Allah dan meminta laki-laki tersebut menjauh. Hingga akhirnya Jibril mengatakan, . Ia (jibril) berkata: “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci”. (QS. Maryam: 19). Barulah Maryam tahu bahwa laki-laki tersebut tidak bermaksud menggoda dan mengganggunya. . 📌PELAJARAN: Hendaklah Wanita Muslimah menjadikan Maryam Contoh Tauladan dan Idola,Menjaga diri dan Kesucian, Menjaga Pandangan Dan berjiwa Islami. . Mari Bersama Memperbaiki diri.. Credit @cahayadakwah_ . #maryam
. 👤Ustadz Sofyan Chalid Ruray  Bahwasanya cinta dan benci pada orang lain dibangun karena Allah, bukan karena maksud dunia semata.  Ibnu ‘Abbas berkata, “Siapa yang mencintai dan benci karena Allah, berteman dan memusuhi karena Allah, sesungguhnya pertolongan Allah itu diperoleh dengan demikian itu. Seorang hamba tidak akan bisa merasakan kenikmatan iman walaupun banyak melakukan shalat dan puasa sampai dirinya berbuat demikian itu. Sungguh, kebanyakan persahabatan seseorang itu hanya dilandaskan karena kepentingan dunia. Persahabat seperti itu tidaklah bermanfaat bagi mereka.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Jarir disebutkan dalam Kitab Tauhid Syaikh Muhammad At Tamimi)  Al Hasan Al Bashri berkata, “Sesungguhnya hamba yang dicintai di sisi Allah adalah yang mencintai Allah lewat hamba-Nya dan mencintai hamba Allah karena Allah. Di muka bumi, ia pun memberi nasehat pada orang lain.” (Jaami’ul ‘Ulum wal Hikam, 1: 224). Baca selengkapnya di: https://rumaysho.com/6319-aku-mencintaimu-karena-allah.html Follow @bukharasunnah  _ #cinta #cintadanbenci #cintahalal #dakwah #dakwahislam #dakwahmuslim #dakwahsalaf #dakwahsunnah #dakwahtauhid #dakwahfiqih #dakwahmuslimah #kajian #kajianislam #kajiansunnah#fiqihwanita_ #fikihwanita #wanitaberhijab #wanitasholehah #wanitamuslimah #wanitashalihah #muslimahhijrah #muslimahsyari #kajianakbar #tablighakbar
🌟Memang benar ada hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim, dari Ibnul 'Abbās radhiallahu anhu  _“Kita diperintahkan untuk sujud di atas 7 bagian tubuh kita yang paling utama yaitu 7 buah tulang...”_ (Diriwayatkan oleh al-Bukhārī no. 816 dengan kata ganti ‘kita’, Muslim no. 490 dengan kata ganti ‘saya’). Kemudian lanjutan dari hadits di atas adalah berikut ini,  _“Dan kita dilarang untuk menggulung baju dan rambut kita.”_  Artinya, terkadang orang menahan baju atau rambutnya ketika dalam kondisi shalat, dan ini ❌tidak diperbolehkan.❌ Adapun mengikat rambut ketika shalat, banyak hadits dari Nabi ﷺ yang menunjukkan larangannya. 💠 Salah satunya adalah riwayat dari Ibnul 'Abbās -radhiallahu anhu.  Bahwasanya Ibnul 'Abbās suatu ketika pernah melihat 'Abdullāh bin al-Hārits shalat, dia 🌟mengikat rambutnya dibelakang🌟 Maka Abdullah Ibnul 'Abbās langsung melepaskan ikatan rambut orang tersebut. Abdullah bin al-Hārits tetap bergeming dan membiarkan Ibnul 'Abbās melepaskan ikatannya. Ketika Abdullah bin Al Hārits selesai shalat, dia bertanya, “Apa yang kau lakukan dengan rambutku?” Abdullah Ibnul 'Abbas menjawab, aku mendengar Nabi ﷺ bersabda, _“Orang yang mengikat rambutnya ketika shalat adalah bagaikan orang yang shalat, tapi kedua tangannya diikat.”_ (HR. Muslim no. 492)  Hadits-hadits yang semisal juga banyak. Ada sebagian ulama yang mengatakan _dha'if,_ dan sebagian yang lain mengatakannya _hasan,_ dikatakan bahwa ikatan rambut itu adalah tempatnya syaithan, jadi syaithan senang orang yang mengikat rambutnya. . 🚫Namun ini tidak berlaku untuk wanita,🚫 tapi berlaku untuk laki-laki. Ini yang dijelaskan oleh _Ahlul hadits._ . ▶Di antara _Ahlul hadits_ yang mengatakan demikian adalah Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani _rahimahullah.  bahwa yang zahir (nampak dari hadits ini), 🔴larangan mengikat rambut hanya untuk laki-laki, tidak untuk wanita.🔴 Orang yang shalat, khususnya
Ini Dia Obat Ampuh Pengobatan Al-‘Isyq (Penyakit Cinta) . 🌷Menikah . Obat itu adalah menikah dengan cinta yang halal. Sebagaimana kaidah yang dibawakan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah: “Jiwa tidak akan bisa meninggalkan sesuatu kecuali jika ada sesuatu [yang menggantikannya]” Si dia yang menolak engkau akan tergantikan dengan yang baru, si dia yang sebelumnya tidak halal maka tergantikan dengan yang halal. . Jika memungkinkan bagi orang yang sedang mabuk cinta untuk meraih cinta pujaan hatinya dengan ketentuan syariat, maka inilah terapi yang paling utama. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Wahai sekalian pemuda, barangsiapa yang sudah mampu untuk menikah maka hendaklah dia segera menikah. Barangsiapa yang belum mampu, maka hendaklah dia berpuasa karena puasa dapat menahan dirinya dari ketergelinciran perbuatan zina.” (HR. Bukhari dan Muslim) . Hadits ini memberikan dua solusi, yaitu solusi utama dan solusi alternatif. Solusi petama adalah menikah. Jika ini bisa dilakukan, maka inilah yang terbaik. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Saya belum pernah melihat (solusi) untuk dua orang yang saling jatuh cinta selain menikah.” (HR. Ibnu Majah, shahih). Adapun bagi yang belum mampu menikah, maka ada solusi alternatif yaitu berpuasa untuk meredam gejolak syahwatnya. . 📝dr. Raehanul Bahraen// Muslimafiyah.com 📝dr. Adika Mianoki// Muslim.or.id . 🔖 @anandaervitaf // 9 Rabiul Awal 1440H
🍃Al-‘Isyq (Penyakit Cinta) Menutup Semua Aib Pujaan Hati . 🍒Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah rahimahullah berkata, “Kecintaanku kepadamu menutup mataku
Namun ketika terlepas cintaku, semua aibmu menampakkan diri.” (Al-Jawabul Kaafi 214, Darul Ma’rifah, cetakan pertama, Asy-Syamilah) . Awalnya saling memainkan sandiwara cinta tak halal saja. setelah sekian tidak lama dan bosan, baru nampak belangnya. . Ketika di AWAL “tolong datang berikan dunk, pengen ditemani belanja” (wuuzzz,5-10 menit tiba) SEKARANG: “papa temani belanja yuk”, (jawaban: belanja aja ndiri… sibuk niii) ATAU, DAHULU: “yankku, gunung akan kudaki, selat kan kusebrangi, jikalau kangen” SEKARANG: “kok ga pernah sms lagi sih?” “brisik amat ni HaPe sih, gue lagi ada gebetan baru ni (selingkuh)” . 🍂Yang terlihat darinya hanya yang baik-baik saja, seakan-akan dunianya dipenuhi dengan bayang semu kebaikan pujaan hati. Setelah lama berlalu masa, setelah jemu melanda, setelah habis sari pati bunga dihisap, barulah ia menyesal. . 🍒Abul Abbas Al-Hamawi rahimahullah Menjelaskan mengenai Al-‘isyq, “Al-’isyq dengan kata kerja ‘asyiqo-‘asyaqon dari bab tasrif tabi’a, menggunakan kasroh.
Berkata Ibnu Al-Faris rahimahullah berkata:
“al-’isyq adalah memuja/ menggemari wanita, berlebih-lebihan dalam cinta, istilah untuk laki-laki dan juga wanita.” (Al-Misbah Al-Munir 2/412, Maktabah ‘ilmiyah, Beirut, Asy-Syamilah) Semoga yang terjangkit penyakit ini bisa sembuh dan semoga yang belum tidak akan pernah terjangkiti. . 📝 Penyusun: dr. Raehanul Bahraen // muslimafiyah.com . 🔖 @anandaervitaf // 9 Rabiul Awal 1440H . #dakwahsalaf #fiqihcinta #fiqihwanita_  #dakwahsunnah #muslimah #manhajsalaf #hijab #cinta #fiqihmuslimah #muslimahhijrah
Bismillaah [Bag. 1 ; Versi Suami Kepada Istri]  Duhai suami, Bersyukurlah ketika dirimu memiliki istri yang tak gemar memposting kecantikannya disosial medianya,  Bersyukurlah ketika dirimu memiliki istri yang tak mengeluh kondisi ekonomimu, Bersyukurlah ketika dirimu memiliki istri yang tak gemar menulis keluhannya apapun di sosial medianya meskipun ia direndungi kebahagiaan denganmu sekalipun, Bersyukurlah ia tak pernah menampakkan apapun pada sosial medianya meskipun sedang bersamamu, Bersyukurlah ia tak pernah menampakkan apapun tentang buah hati kalian berdua sekalipun ia merasa bahagia pada buah hatinya, Bersyukurlah duhai suami.  Dia yang hanya menampakkan cantiknya hanya padamu, karena ia tak ingin kau menjadi suami dayyuts. Dia yang hanya selalu qona'ah dengan pemberianmu, karena ia percaya bahwa menjadi rezekimu dan rezekinya telah dijamin Allah Azza Wa Jalla, Dia yang hanya selalu melaporkan segala keluhnya pada Rabb-Nya, karena ia percaya bahwa satu-satunya kebahagiaan adalah karena ia bertauhid, Dia yang hanya ingin menjagamu, menjaga rumah tangganya, menjaga buah hatinya dari pengaruh penyakit 'ain, Duhai suami bersyukurlah.  Sebab wanita seperti kretia ini sangatlah langka. Tak akan ditemukan dimanapun selain Allah mempertemukanmu seperti dirimu yang menjaga dirimu.  Duhai suami. Ketika engkau melihat istrimu melakukan kesalahan dan ada perilaku yang tak engkau sukai dari sifatnya, Pukul-lah ia dengan untaian nasehat berupa ilmu agama dari Rasulullah alaihi wa sallam. Pukul-lah ia dengan lembut, sebab wanita begitu lemah. Karena dialah seseorang yang akan melahirkan anak-anakmu. Karena dia jugalah yang mendidik anak-anakmu. Dan karena dialah pula wanita yang rela melepas dua pintu surganya hanya karena ingin menaati engkau. Duhai suami bersyukurlah. . . | rizqa sanditya #fiqihwanita_ #fiqihmuslimah ______ . Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah
Terkadang kita butuh duduk sendiri untuk merenungi bekal kita untuk bertemu dengan Allah Azzawajal _________________________ Ustadz Syafiq Basalamah #kajianislam #kajiansunnah #kajian #dakwah #tauhid  #salaf #hijrah #islam #dakwahislam #dakwahsunnah #sunnah #ustadz #khalidbasalamah #fiqihwanita_ #fiqihmuslimah #wanitamuslimah #wanitashalihah #muslimahhijrah #muslimahsyari #kajianakbar #tablighakbar #bojonegoromengaji #kajianbojonegoro #pekanbarumengaji #kajianpekanbaru ___________ . Follow @bukharasunnah Follow @bukharasunnah

Loading