Picdeer logo Browse Instagram content with Picdeer

@andrianika_

Rika Andriani

andrianika_

Mishary's Bunda Lifemate of @hack87_ 📸Fujifilm X-A3 & Samsung J7 Prime Aceh’s Cuisine @booriqkitchen #recipes #cooking Tumis Bandeng 👇

  • 2K Total Likes
  • 158 Tot. Comments
Tue, 19th Feb 2019  Alhamdulilllah. Mau update harga ikan seputaran Lhokseumawe dulu ya😋😋. Ini belanjanya kemarin malam. Awalnya mau belanja di Pasar Jomblang tapi duluan ke cantol di Pasar Pusong. Ikannya masih segar2 dan gak lupa nyetok ikan asin karena suami suka sekali dengan ikan asin😁 . . . ~ Cumi-cumi 1kg harganya 60rb ~ Ikan kerapu 1kg harganya 60rb ~ Ikan bawal 1/2 kg harganya 30rb ~ Ikan aneuk Lhee (bahasa Indo katanya ikan sardin) 1 kg harganya 40rb ~ Ikan kerupuk 1ons harganya 15rb ~ Ikan asin karang 2,5 ons harganya 10rb  Bisa buat nyetok beberapa hari. Alhamdulillah masih diberi rezeki. Semoga kawan2 disini juga dimudahkan rezeki semuanya❣❣ #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara
Mon, 18th Feb 2019  Menu makan siang hari ini. Resep terasi dan ikannya bisa click hastag👇 #bq_sambalterasi  #bq_supikan  Untuk #bq_tumisikanasin: ~ Iris bamer, baput, cabe merah, cabe hijau dan tomat secukupnya. Tumis bumbu beri sedikit air dan kaldu jamur secukupnya lalu masukkan ikan asin yg sudah digoreng.  Lalapan untuk sambal terasi ada terong dan kol yang digoreng. Makin enak pas dicampur ke nasi perpaduan kuah sop ikan, ikan asin dan terasi😋😋😋 Untuk penyegar pas siang2 gini ada kolang kaleng rasa blueberry. Yang minat silakan order di @booriqkitchen. Bukan endorse ya tapi ini produk jualannya saya😅😅😅 Selamat istirahat siang semua ya😘  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara
Mon, 18th Feb 2019  Alhamdulillah. Dulu waktu mpasi Bang Misha menuju 2 tahun, pagi2 sebelum ke kantor suka bikin sop ikan. Cuma skip cabe. Supnya itu kemudian saya blend dengan sedikit nasi. Ikannya cuma ambil dagingnya aja.  Hari ini jadi rindu lagi, kalo Misha emang suka sop2an (tetap ya, pas hidangin ke dia, cabenya di skip, tulang ikannya dipisahkan)  SOP IKAN  Bahan: ~ Ikan secukupnya (boleh ikan merah, ikan kerapu, dan ikan kakap), beri garam dan perasan jeruk nipis ~ 1 bawang bombay, rajang ~ 4 baput, rajang ~ 1 btg seledry, rajang ~ 1 btg serai, geprek ~ 1 btg daun bawang, potong sesuai selera ~ 1 wortel, potong sesuai selera ~ 1 kentang, potong sesuai selera ~ 1/2 bengkuang besar, potong sesuai selera ~ 5 cabe rawit ~ Tomat, belah 2 atau 4 ~ Garam, kaldu jamur dan lada bubuk secukupnya ~ Air secukupnya  Cara memasak: ~ Tumis bawang bombay dan baput sampai wangi ~ Masukkan air secukupnya, tunggu sampai mendidih ~ Masukkan serai, cabe rawit, wortel, bengkuang, kentang dan ikan. Aduk pelan agar ikan tidak hancur ~ Tambahkan garam, kaldu jamur dan lada bubuk ~ Ketika sudah benar2 mendidih dan semua bahan sudah mulai matang, masukkan tomat, seledry dan daun bawang ~ Biarkan sebentar, koreksi rasa, matikan api dan sajikan  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_supikan
Sun, 17th Feb 2019  Alhamdulillah.  Ngecek2 isi kulkas, ternyata ada wortel, seledry, dan daun bawang. Ada juga jamur kuping, soun, dan bunga sedap malam di storage. Keburu semuanya mulai gak segar jadi saya olah aja jadi sop2an tekwan. Tapi pentol tekwannya saya ganti empek2 krn udh habis stoknya yg penting jadi ya😅  SOP TEKWAN  Bahan: ~ 15 btg bunga sedap malam, rendam dan cuci bersih ~  4 lbr jamur kuping, rendam, cuci bersih lalu potong2 ~ 1 wortel ukuran sedang, potong2 ~ 1 bengkuang ukuran sedang, potong2 berbentuk balok ~ Pentol tekwan secukupnya (saya ganti dengan Empek2, potong2 berbentuk bulat) ~ Soun secukupnya ~ 1 btg seledri ~ 2 btg daun pre/daun bawang  Note: Jamur kuping dan bunga sedap malamnya direndam hingga mengembang, kurleb 30 menit  Bumbu halus: ~ 4 baput ~ 6 bamer ~ Garam secukupnya ~ 1 sdt kaldu jamur/sesuai selera ~ 1 sdt lada bubuk/sesuai selera  Cara memasak: ~ Haluskan bamer, baput dan garam sekalian (saya cuma ulek aja, agar bawangnya lebih terasa). ~ Kemudian tumis sampai wangi ~ Masukkan 500ml air/secukupnya. Tutup hingga mendidih. ~ Masukkan wortel, selang beberapa saat masukkan bengkuang. ~ Koreksi keempukan wortel dan bengkuang. Jika sudah setengah empuk masukkan empek2, jamur kuping, dan bunga sedap malam. ~ Aduk merata. Tambahkan kaldu jamur dan lada bubuk. ~ Koreksi rasa. Matikan api jika sudah matang. ~ Kemudian masukkan soun, daun bawang dan seledry. Aduk hingga merata. ~ Sajikan.  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_kuahtekwan
Sun, 17th Feb 2019  Alhamdulillah.  Ngecek2 isi kulkas, ternyata ada wortel, seledry, dan daun bawang. Ada juga jamur kuping, soun, dan bunga sedap malam di storage. Keburu semuanya mulai gak segar jadi saya olah aja jadi sop2an tekwan. Tapi pentol tekwannya saya ganti empek2 krn udh habis stoknya yg penting jadi ya😅  SOP TEKWAN  Bahan: ~ 15 btg bunga sedap malam, rendam dan cuci bersih ~  4 lbr jamur kuping, rendam, cuci bersih lalu potong2 ~ 1 wortel ukuran sedang, potong2 ~ 1 bengkuang ukuran sedang, potong2 berbentuk balok ~ Pentol tekwan secukupnya (saya gamti dengan Empek2, potong2 berbentuk bulat) ~ Soun secukupnya ~ 1 btg seledri ~ 2 btg daun pre/daun bawang  Note: Jamur kuping dan bunga sedap malamnya direndam hingga mengembang, kurleb 30 menit  Bumbu halus: ~ 4 baput ~ 6 bamer ~ Garam secukupnya ~ 1 sdt kaldu jamur/sesuai selera ~ 1 sdt lada bubuk/sesuai selera  Cara memasak: ~ Haluskan bamer, baput dan garam sekalian (saya cuma ulek aja, agar bawangnya lebih terasa). ~ Kemudian tumis sampai wangi ~ Masukkan 500ml air/secukupnya. Tutup hingga mendidih. ~ Masukkan wortel, selang beberapa saat masukkan bengkuang. ~ Koreksi keempukan wortel dan bengkuang. Jika sudah setengah empuk masukkan empek2, jamur kuping, dan bunga sedap malam. ~ Aduk merata. Tambahkan kaldu jamur dan lada bubuk. ~ Koreksi rasa. Matikan api jika sudah matang. ~ Kemudian masukkan soun, daun bawang dan seledry. Aduk hingga merata. ~ Sajikan.  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_kuahtekwan
Sat, 16th Feb 2019  IKAN ASAM LEMAK  Bahan: ~ 1/2 kg ikan karang, beri perasan jeruk nipis (boleh ganti dengan ikan lain) ~ Daun salam dan serai ~ Garam dan kaldu jamur secukupnya ~ 4 belimbing wuluh, potong2 ~ Cabe hijau, patah2kan (tadi lupa jadi gak cemplungin ke kuah😅) ~ 300 ml air ~ 500 ml santan  Bumbu halus: ~ 6 bamer ~ 2 baput ~ 2 btr kemiri, sangrai ~ 6 asam sunti (boleh skip ganti dengan air asam jawa) ~ 2 cabe merah ~ 5 cabe rawit ~ 1 sdt kunyit bubuk ~ 1 sdt ketumbar bubuk ~ 1/2 sdt lada bubuk  Cara memasak: ~ Campur semua bumbu halus dengan serai, daun salam, santan dan air. ~ Masak hingga setengah mendidih sambil diaduk2 ~ Kemudian masukkan ikan, belimbing wuluh, garam dan kaldu jamur ~ Masak hingga benar2 mendidih biarkan beberapa saat agar bumbu meresap. ~ Masak hingga ikan matang dan koreksi rasa ~ Waktu masak kurleb 40menit.  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_kuahlemakikan
Sat, 16th Feb 2019  Alhamdulillah. Hari ini cuma masak ikan kuah asam lemak sunti buat makan malam karena tadi siang dapat hantaran paket nasi maulid dari kakak sepupu.  Awalnya mau bikin kuah patarana ikan, tapi kata suami bikin kuah lemak aja. Menu di rumah jarang sekali yang bersantan, emang sudah sepakat ma suami untuk kurangi tapi sekali2 boleh pas lagi pengen kayak sekarang ini😁  Biasanya saya bikin resep ini dengan ikan tongkol yg direbus, tapi kali ini dengan ikan karang aja (nama aslinya gak tau, pas ditanya ke yg jual jawabnya ikan karang😅). Dan saya lupa cemplungin cabe hijau ke dalam kuahnya tapi tetap terasa enak.  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_kuahlemakikan
Fri, 15th Feb 2019  Happy lunch. Menu makan siang di rumah hari ini ada tauge tumis terasi, sambal terasi cumi asin kentang, keumamah dan godok2😋😋😋 Semoga menginspirasi makmak semuanya di rumah❣ . . . #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara
Thu, 14th Feb 2019  Happy Breaky.  Masalah emak2 yg gak mau rugi dan mubazir. Masih ada pisang raja di rumah, jadi dibikin jadi isian roti bakar aja buat sarapan. Jujur biasanya pagi2 udah kenak lontong Batuphat tp kali ini agak sok2an kyk org bule yg makannya roti.  ROTI BAKAR PISANG  Bahan: ~ 6 lbr roti tawar ~ 3 pisang raja, hancurkan dengan garpu sampai seperti selai ~ Keju, ceres dan mentega secukupnya  Cara memasak: ~ Olesi 1 lbr roti tawar dengan mentega dan diikuti dengan pisang ~ Taburi ceres dan keju yg diparut ~ Tutupi dengan lbr roti tawar ke 2 ~ Bakar di driller pan hingga coklat dan isian di dalam mencair dan terpanggang sempurna ~ Sajikan  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_rotibakarpisang #pisanggoreng
Thu, 14th Feb 2019  Happy Breaky.  Masalah emak2 yg gak mau rugi dan mubazir. Masih ada pisang raja di rumah, jadi dibikin jadi isian roti bakar aja buat sarapan. Jujur biasanya pagi2 udah kenak lontong Batuphat tp kali ini agak sok2an kyk org bule yg makannya roti.  ROTI BAKAR PISANG  Bahan: ~ 6 lbr roti tawar ~ 3 pisang raja, hancurkan dengan garpu sampai seperti selai ~ Keju, ceres dan mentega secukupnya  Cara memasak: ~ Olesi 1 lbr roti tawar dengan mentega dan diikuti dengan pisang ~ Taburi ceres dan keju yg diparut ~ Tutupi dengan lbr roti tawar ke 2 ~ Bakar di driller pan hingga coklat dan isian di dalam mencair dan terpanggang sempurna ~ Sajikan  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_rotibakarpisang #pisanggoreng
Wed, 13th Feb 2019  Alhamdulillah.  Sore2 gini enaknya makan gorengan ya guys. Kebetulan dapat rezeki pisang dari Mimi Dar (neneknya Bang Misha). Pisangnya manis dan warnanya pun menggiurkan. Dan ada ketela ungu yang belum habis juga. Ya udh kita bikin gorengan pakek wijen aja ya. Gak lupa juga ini dibagikan ke adik2 saya juga krn mereka paling suka gorengan.  GORENGAN WIJEN  Bahan: ~ 3 ketela ungu, potong sesuai selera ~ 5 pisang raja, potong sesuai selera ~ 3 sdm tepung beras ~ 5 sdm tepung terigu ~ 1 sdm tepung maizena ~ 200 ml air hangat ~ 4 bamer, iris tipis ~ 1sdm margarin ~ Garam, gula dan wijen secukupnya ~ Minyak utk menggoreng secukupnya  Cara memasak: ~ Campur semua tepung dan margarin, aduk hingga merata ~ Lalu tambahkan gula, garam, wijen dan bamer ~ Masukkan air dan aduk merata. Margarin akan tampak berbutir2 tp tdk apa2 krn ketika digoreng akan mencair juga ~ Usahan campuran tepung tidak terlalu cair atau kental ~ Masukkan pisang dan goreng ~ Setelah selesai menggoreng pisang lanjutkan dengan memasukkan ketela, campur rata dan goreng  Note: Waktu menggoreng ketela sedikit lebih lama drpda pisang ya. Karena teksturnya lebih keras agar matang sempurna  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_pisanggoreng #pisanggoreng #instacomics
Wed, 13th Feb 2019  Alhamdulillah.  Sore2 gini enaknya makan gorengan ya guys. Kebetulan dapat rezeki pisang dari Mimi Dar (neneknya Bang Misha). Pisangnya manis dan warnanya pun menggiurkan. Dan ada ketela ungu yang belum habis juga. Ya udh kita bikin gorengan pakek wijen aja ya. Gak lupa juga ini dibagikan ke adik2 saya juga krn mereka paling suka gorengan.  GORENGAN WIJEN  Bahan: ~ 3 ketela ungu, potong sesuai selera ~ 5 pisang raja, potong sesuai selera ~ 3 sdm tepung beras ~ 5 sdm tepung terigu ~ 1 sdm tepung maizena ~ 200 ml air hangat ~ 4 bamer, iris tipis ~ 1sdm margarin ~ Garam, gula dan wijen secukupnya ~ Minya utk menggoreng secukupnya  Cara memasak: ~ Campur semua tepung dan margarin, aduk hingga merata ~ Lalu tambahkan gula, garam, wijen dan bamer ~ Masukkan air dan aduk merata. Margarin akan tampak berbutir2 tp tdk apa2 krn ketika digoreng akan mencair juga ~ Usahan campuran tepung tidak terlalu cair atau kental ~ Masukkan pisang dan goreng ~ Setelah selesai menggoreng pisang lanjutkan dengan memasukkan ketela, campur rata dan goreng  Video masaknya silakan click hastag #bq_pisanggoreng  Note: Waktu menggoreng ketela sedikit lebih lama drpda pisang ya. Karena teksturnya lebih keras agar matang sempurna  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_pisanggoreng #pisanggoreng
Tue, 12th Feb 2019  OSENG TIRAM KENTANG  Bahan: ~ Tiram secukupnya, cuci bersih dan tiriskan ~ Kentang secukupnya, potong dadu kecil  Bumbu oseng2: ~ 5 Cabe hijau, dirajang serong ~ 2 baput, dirajang tipis ~ 5 bamer, dirajang tipis ~ 1cm jahe, rajang tipis ~ Daun kari secukupnya ~ Tomat secukupnya, dirajang ~ Kaldu jamur dan garam secukupnya  Cara memasak: ~ Tumis kentang hingga tampak layu ~ Lalu masukkan jahe dan duo bawang, tumis hingga wangi ~ Masukkan tomat, cabe hijau dan daun kari. Aduk2 ~ Masukkan tiram, aduk hingga mengeluarkan air. ~ Masukkan garam dan kaldu jamur. Aduk sekitar 3-5 menit agar tiram tidak alot sampai bumbu meresap.  Yg pada DM tanya wajan dan suntil saya beli dimana. Saya belinya sama mak jubai yg kocak ini ya @novera_vee  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_osengtiram
Tue, 12th Feb 2019  Alhamdulillah. Hari ini kecepatan masaknya ya, karena mau cepat2 maraton, iya maraton nonton drakor😂😂😂 Menu hari ini semua cepat saji. Kol sawi tumis terasinya cepet krn terasinya ada stok di kulkas jadi langsung sreng2 aja. Gak lupa ada tempe tahu buat Bang Misha yg digoreng gitu aja.  Rujak simple nenas gampang, cuma tambahin gula garam dan cabe rawit lalu simpan di dalam kulkas semalamn. Telur dadarnya jg gampang, cuma ditambahin baput bamer, seledry dan daun bawang. Saya skip cabe biar telur dadarnya gampang dimakan Bang Misha.  Oseng2 tumis tiramnya ntar di share lagi ya resepnya❣  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara
Mon, 11th Feb 2019  Yang gak suka indomie, lewatin aja yesss😂😂😂 Yang masak ini bukan saya, tapi suami. Praktis karena ada bumbu mie Aceh dari @alubufood jadi gak capek2 dan menghemat waktu.  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara
Sun, 10th Feb 2019  Alhamdulillah.  Happy lunch. Menu simpel dan ada cemilan donat tela. Bikinnya pas lagi rajin tadi malam. Rasanya masih enak dan lembut. ❣❣❣❣ . . . #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #booriqkitchen_udangphep
Sun, 10th Feb 2019  Alhamdulillah. Semoga gak ada yg bosan ya nonton video2 masak saya. Apalagi menu saya ini gak jauh2 sama asam sunti. Maklum lidahnya orang Aceh, gak sah klo gak suka asam sunti😋  Kali ini saya masak udang phep. Awalnya pengen buat pepes tapi pas lihat di belakang rumah daun pisangnya udah pada menjulang tinggi jadi malas ambilnya😂😂 Ya udah bikin udang phep aja. Jadi teringat jaman kos dulu ya, pernah ya dikirimin pepes basah aka udang phep gini sama mamaknya @ojaabidin serasa hari raya untuk anak kos ya.  Bumbu udang phep ini sama jg kayak  rebon masak aceh. Haluskan bamer, baput, cabe rawit, ketumbar, asam sunti dan kunyit. Cabe hijau cukup dipatah2kan saja. Takaran silakan sesuai selera ya.  Biar wangi jangan lupa tambahkan daun jeruk dan daun kari. Cara masaknya silakan liat di video ya. Waktu masak kurleb 30 menit. Tumis bumbunya sekitar 15-20 menit ya biar gak berbau langu/mentah.  Tips: asam sunti jgn terlalu banyak krn ada belimbing wuluh, jadi rasa asamnya akan seimbang  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #bq_udangphep
Sat, 9th Feb 2019  Alhamdulillah, hari ini kita sekeluarga makannya di rumah sodara yg lagi ada syukuran. Rezeki kan ya, jadi gak perlu masak.  Kebetulan rumah sodara dekat laut yg banyak pangkalan abang2 yg jual ikan segar. Biasanya jam 4 sore udah ada ikannya, jadi sekalian aja beli beberapa, gak banyak sih cuma buat nyetok ukuran sekali masak aja setiap ikannya.  Lumayan dapat beberapa jenis biota laut dengan total harga 130rb. Kalau dibilang mahal sih bisa jadi iya atau gak. Tergantung pendapat orang. Lagian semua harganya standar, kalopun kita tawar jg gak mau dikurangin sama abang2nya. Udah mau juga dia bersihin semua😂  Sebelum dimasukkan kulkas, jangan lupa dibersihkan. Sesuai ajaran mamak saya dulu, kalo bersihin ikan itu sampe 3 kali, dan pada bilasan terakhir harus dgn air yg bercucuran (dari kran lebih mudah ya) dengan maksud untuk menyucikan. Lalu tiriskan, masukkan ke dalam wadah tertutup baru disimpan di dalam kulkas bagian freezer  #videomasak #menurumahan #masakanrumahan #food #kuliner #doyanmasak #berbagiresep #doyancooking #fujifilm #videomasakan #kulineraceh #kulineratjeh #kulinernusantara #ikanlaut

Loading